Sabtu, 13 Desember 2014

TIPS AMPUH MEMASARKAN PRODUK BARU DENGAN CARA P3K (PRODUK,PASAR,PROMOSI,KREATIF)


TIPS AMPUH MEMASARKAN PRODUK BARU DENGAN CARA P3K (PRODUK,PASAR,PROMOSI,KREATIF)

Dalam dunia bisnis tentunya sangat dibutuhkan sebuah strategi dalam proses produksi sampai proses pemasaran, agar usaha yang dijalani dapat berkembang seperti yang di inginkan. Selain itu teknik pemasaran bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk. Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal. Berikut beberapa tips untuk memasarkan produk baru dan memperkenalkan usaha baru :
1.       PAHAMI PRODUK
Memahami keunggulan produk kita sebelum memasasrkan ke konsumen. Kita harus melakukan analisis SWOT terlebih dahulu yaitu berupa kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dari produk baru kita.

2.       PAHAMI PASAR

Pahami pasar yang ingin anda geluti dengan produk baru anda, Faktor penting dalam strategi pemasaran  adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka
Selain pemilihan tempat yang strategis anda juga harus bisa memahami pelanggan yang ada di pasar tersebut. Identifikasi target pelanggan market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Anda bisa mengelompokkan target market menjadi beberapa kategori, misal  kelompok usia 15—30 tahun, jika Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun, jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia

3.       PROMOSI
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, mengirim pesan singkat kepada para customer jika sedang ada promo produk – produk Anda. Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.
Anda promosi produk baru anda secara online. Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.
4.       KREATIVITAS DIRI
Stand-Up Comedy
"Mungkin ini adalah cara paling kreatif untuk memasarkan produk baru . pengusaha menjalankan bisnis tentang mengajari orang bagaimana menjadi seseorang yang efektif menggunakan humor di tempat kerja, dan saya juga seorang yang melakukan stand-up comedy. Terkadang saya menceritakan humor dan cerita tentang bisnis saya, juga menyelipkan apa yang saya lakukan dan apa yang bisnis saya tawarkan. Setelah itu saya mendapatkan banyak orang membeli buku saya setelah saya berbicara tentang itu" Andrew Tarvin, humor engineer
Membuat Produk Dengan Edisi Terbatas
"Saya memasarkan novel terbaru saya bekerja sama dengan sebuah perusahaan kecantikan, fashion designer dan perusahaan perhiasan untuk menciptakan koleksi edisi terbatas yang terdiri dari pakaian dan alat kecantikan. Produk-produk tersebut didasarkan pada karakter dalam buku yang diciptakan dalam bentuk nyata. Akhirnya buku tersebut menjangkau tempat yang lebih jauh lagi" Emily Liebert, penulis "You Knew Me When"

1 komentar: