TIPS AMPUH MEMASARKAN PRODUK BARU DENGAN CARA P3K
(PRODUK,PASAR,PROMOSI,KREATIF)
Dalam dunia bisnis tentunya sangat dibutuhkan sebuah
strategi dalam proses produksi sampai proses pemasaran, agar usaha yang
dijalani dapat berkembang seperti yang di inginkan. Selain itu teknik pemasaran
bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk. Teknik
pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Dengan
strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam
memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal. Berikut
beberapa tips untuk memasarkan produk baru dan memperkenalkan usaha baru :
1.
PAHAMI PRODUK
Memahami keunggulan produk kita sebelum
memasasrkan ke konsumen. Kita harus melakukan analisis SWOT terlebih dahulu
yaitu berupa kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dari produk baru kita.
2.
PAHAMI PASAR
Pahami pasar yang ingin anda geluti dengan
produk baru anda, Faktor penting dalam strategi pemasaran adalah masalah pemilihan tempat. Anda
perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery
selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat
tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka,
usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis
Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka
Selain pemilihan tempat yang strategis anda
juga harus bisa memahami pelanggan yang ada di pasar tersebut. Identifikasi
target pelanggan market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi
marketing yang efektif. Anda bisa mengelompokkan target market menjadi beberapa
kategori, misal kelompok usia 15—30 tahun, jika Anda ingin memasarkan
produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok usia 20—35
tahun, jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui
siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya
yang sia-sia
3.
PROMOSI
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan
produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan
tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para
pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, mengirim pesan singkat kepada para
customer jika sedang ada promo produk – produk Anda. Selain itu, lihatlah pula
bagaimana upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda
lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula
kehebatan word-of-mouth publicity. Kekuatan
promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat menyebar dan
menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu, siapkan diri Anda
untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang
merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik
pelanggan baru.
Anda promosi produk baru anda secara
online. Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat
efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda
dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual beli
online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya.
Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar
jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga
terbuka lebar di internet.
4.
KREATIVITAS DIRI
Stand-Up Comedy
"Mungkin ini adalah cara paling kreatif untuk memasarkan produk baru . pengusaha menjalankan bisnis tentang mengajari orang bagaimana menjadi seseorang yang efektif menggunakan humor di tempat kerja, dan saya juga seorang yang melakukan stand-up comedy. Terkadang saya menceritakan humor dan cerita tentang bisnis saya, juga menyelipkan apa yang saya lakukan dan apa yang bisnis saya tawarkan. Setelah itu saya mendapatkan banyak orang membeli buku saya setelah saya berbicara tentang itu" Andrew Tarvin, humor engineer
"Mungkin ini adalah cara paling kreatif untuk memasarkan produk baru . pengusaha menjalankan bisnis tentang mengajari orang bagaimana menjadi seseorang yang efektif menggunakan humor di tempat kerja, dan saya juga seorang yang melakukan stand-up comedy. Terkadang saya menceritakan humor dan cerita tentang bisnis saya, juga menyelipkan apa yang saya lakukan dan apa yang bisnis saya tawarkan. Setelah itu saya mendapatkan banyak orang membeli buku saya setelah saya berbicara tentang itu" Andrew Tarvin, humor engineer
Membuat Produk Dengan Edisi
Terbatas
"Saya memasarkan novel terbaru saya bekerja sama dengan sebuah perusahaan kecantikan, fashion designer dan perusahaan perhiasan untuk menciptakan koleksi edisi terbatas yang terdiri dari pakaian dan alat kecantikan. Produk-produk tersebut didasarkan pada karakter dalam buku yang diciptakan dalam bentuk nyata. Akhirnya buku tersebut menjangkau tempat yang lebih jauh lagi" Emily Liebert, penulis "You Knew Me When"
"Saya memasarkan novel terbaru saya bekerja sama dengan sebuah perusahaan kecantikan, fashion designer dan perusahaan perhiasan untuk menciptakan koleksi edisi terbatas yang terdiri dari pakaian dan alat kecantikan. Produk-produk tersebut didasarkan pada karakter dalam buku yang diciptakan dalam bentuk nyata. Akhirnya buku tersebut menjangkau tempat yang lebih jauh lagi" Emily Liebert, penulis "You Knew Me When"
Memasarkan barang merupakan tantangan bagi semua pengusaha, pengen tahu tips untuk memasarkan dan Mensukseskan Produk Baru di Laruno.com Portal Bisnis dan Karir Indonesia
BalasHapus